Sebagian besar orang pasti ingin melangsungkan pernikahan bersama seorang yang mereka cintai. Selain itu, pernikahan juga wajib hukumnya bagi seseorang yang telah menginjak usia dewasa.

Sekarang usiaku 24 tahun. Cukup tua dan pastinya sudah waktunya untuk menikah. Kalau gadis desa usia 24 tahun sepertiku, mungkin sudah punya dua anak (hehe). Aku juga gadis desa, tapi untungnya aku mengenyam pendidikan sampai sarjana sehingga tidak dipaksa untuk buru-buru menikah.

Di usia 24 tahun ini, aku sudah bertemu dengan seseorang yang akan menjadi calon suamiku, artinya aku akan segera menikah. Bisa dibayangkan betapa senangnya aku. Dan sedikit bocoran kalau pernikahan kami hanya kurang tiga bulan saja.

Aku masih dag dig dug. Gak kebayang ternyata aku mau menikah. Dan lebih senangnya lagi aku menikah dengan pria yang selama ini aku kejar-kejar setengah mampus. Ya, susah sekali menggaet hatinya. Apalagi sikapnya yang diingiin sekali, sedingin es dan salju.

Walaupun begitu, bisa dikatakan disini akulah pemenangnya karena aku bisa memenangkan hatinya yang kaku bagai batu di kali (haha) hebat, bukan? Aku sangat mencintainya.

Kebetulan, kami tidak mengadakan pesta mewah. Di rumahku hanya mengadakan akad nikah saja sehingga tamu yang diundangpun hanya kerabat dan teman dekat saja.

Untuk itu, aku akan bagikan tips mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan tiga bulan menjelang pernikahan, khususnya akad nikah, seperti:

3 Bulan Sebelum Pernikahan

Menyiapkan segala dokumen penting yang dibutuhkan untuk surat nikah di KUA, seperti fotokopi KTP, KK, ijazah, pas foto, dan materai. Untuk pihak calon mempelai pria, ia harus mengurus surat pindah kawin karena akad nikah dilakukan di rumah calon mempelai wanita. Tahap ini sedikit ribet kalau pasangan kamu tinggal di kota yang berbeda. Kemudian, segera mencari MUA yang nantinya akan menyulap penampilanmu menjadi terlihat lebih cantik/tampan.

2 Bulan Menjelang Pernikahan

Disini, kamu harus menyiapkan segala keperluan seperti membuat list tamu undangan, mencetak kartu undangan dan memesan souvenir. Jangan lupa tes kesehatan pra nikah sesuai kesepakatan bersama. Selanjutnya, kamu bisa fitting baju pengantin agar tidak kebesaran ataupun kekecilan. Gak lucu dong, kalau nanti kamu pakai kebaya tapi kedodoran.

1 Bulan Menjelang Pernikahan

Hari pernikahan semakin dekat. Disini mentalmu akan diuji. Pastinya kamu dan pasangan akan semakin stres. Tapi jangan stres dulu, persiapan pernikahanmu belum selesai. Yang harus kamu lakukan satu bulan menjelang pernikahan adalah menyebar undangan. Jangan sampai daftar teman yang kamu undang terlewat ya. Melakukan perawatan juga sangat penting supaya calon suami/istri bisa senang, dan pastinya agar terlihat mempesona. Dan yang paling penting adalah istirahat serta konsumsi vitamin.

7 Hari Menjelang Pernikahan

Satu minggu menjelang pernikahan pasti membuatmu semakin stres, deg degan, dan semua perasaan campur aduk jadi satu. Disini kamu bisa menyiapkan pakaian seksi yang nantinya dikenakan saat malam pertama. Buat pasanganmu senang melihatmu, tujuannya agar malam pertamamu lancar jaya (hihihi).

Nah, itulah beberapa tips untuk mempersiapkan hal penting tiga bulan menjelang pernikahan (akad nikah) yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.