Pria bisa memainkan alat musik adalah hal yang bisa. Tapi bagaimana jika wanita bisa memainkan alat musik? Tentu saja, luar biasa.

Ada banyak alat musik yang bisa dimainkan oleh wanita dan pastinya akan terlihat keren. Namun, hanya satu alat musik yang bisa membuat wanita terlihat keren abis saat memainkannya. Yup, alat musik itu pastinya adalah gitar. Banyak wanita yang ingin sekali bisa main gitar, tak terkecuali aku.

Sebenarnya, aku termasuk orang yang ingin melakukan semua hal yang menurut orang keren. Artinya, aku ingin jadi wanita keren. Salah satu cara supaya bisa jadi wanita keren adalah dengan bermain gitar. Bukan cuma aku saja, kamu juga pasti ingin kelihatan keren, kan?

Tapi, aku ingin sekali bisa bermain gitar bukan hanya karena ingin terlihat keren saja, melainkan karena memang keinginanku dari kecil. Bagiku, dengan bermain gitar dan bernyanyi, kita bisa mengekspresikan semua hal yang sedang kita rasakan, baik senang ataupun sedih.

Tak jarang pula, aku membayangkan berada di sebuah panggung megah sambil bermain gitar dan bernyanyi. Diiringi oleh tepuk tangan penonton yang sangat meriah. Tapi sekali lagi, itu hanyalah mimpi yang sulit menjadi nyata.

Sampai suatu hari, saat masih kuliah aku memutuskan untuk membeli sebuah gitar. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mewujudkan mimpiku menjadi wanita pemain gitar yang hebat.

Setelah membeli gitar dari seorang teman, aku mulai mencari kunci nada alias cord dengan bantuan mbah google. Aku catat semua kunci nada yang menurutku terlihat gampang. Kemudian, aku mulai menggenjreng gitar dengan pelan.

Melihat orang lain memainkan gitar aku merasa itu hal yang mudah. Tapi ketika aku sendiri mencobanya, super duper sulit. Sepertinya aku harus mengubur keinginanku untuk bisa bermain gitar. Boro-boro bisa manggung di atas panggung megah, genjreng gitar saja susahnya setengah mampus.

Akhirnya, aku meminta bantuan temanku yang sudah ahli dalam bermain gitar untuk membantuku belajar sampai bisa. Aku memberinya upah hanya dengan ucapan terima kasih. Maklum saja, waktu itu aku hanya mahasiswa yang tidak berpenghasilan dan hanya mengharapkan belas kasih dari orang tua.

Sekitar satu minggu aku belajar. Sampai-sampai jari tanganku mati rasa akibat senar gitar. Apa aku sudah bisa bermain gitar? Tentu saja ‘belum’. Ya, seperti yang aku katakan sebelumnya bahwa bermain gitar sangatlah sulit. Satu minggu tidak cukup.

Setelah satu minggu berlalu, aku tidak belajar bermain gitar lagi. Temanku sibuk dengan kuliahnya, begitu juga aku. Dengan terpaksa aku mengistirahatkan gitarku di tempat peristirahatan terakhirnya (bukan dikubur). Maksudnya, aku mewariskan gitarku pada seorang teman yang lebih berhak menjaganya.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, dan seterusnya. Aku masih belum bisa bermain gitar. Tuhan, kapan aku bisa bermain gitar? Tidak ada jawaban. Tidak terasa hampir 3 tahun aku berhenti belajar bermain gitar.

Hingga suatu hari, pacarku membeli sebuah gitar. Mimpiku menjadi musisi gitar seketika muncul kembali. Kebetulan juga, pacarku jago sekali bermain gitar. Aku pun berharap ia akan mengajariku sampai bisa.

Aku berusaha membujuknya dengan muka memelas agar dia mau mengajariku bermain gitar. Karena pada dasarnya pacarku adalah pria yang sangat baik dan sayang sekali padaku (beruntungnya), dia mau mengajariku bermain gitar.

Dia menggambar senar gitar beserta kunci nadanya yang nantinya akan aku ikuti saat menggenjreng gitar. Dimulai dari kunci nada yang paling sederhana yakni nada E, C, G, dan D. Dia memintaku untuk menggenjreng keempat nada itu berkali-kali.

Dia bilang aku bebel alias susah belajar #hikz sedih. Tapi memang sih, karena aku lama sekali nyantolnya. Padahal cuma kunci nada sederhana yang kata dia 10 menit saja harusnya bisa. Sedangkan aku, lebih dari satu jam. Itupun masih belum bisa bagaimana caranya memindahkan jari dari kunci nada satu ke kunci nada yang lain.

Dua jam aku habiskan hanya untuk menggenjreng keempat nada sederhana itu. Karena pacar sendiri yang menjadi guru gitarku, aku jadi lebih bersemangat belajar gitarnya.

Walaupun aku masih kesulitan, tapi aku akan belajar gitar sungguh-sungguh dan lebih serius lagi agar cepat bisa.

Sangat bersyukur memiliki pasangan yang pintar dalam segala hal dan mau membagi ilmunya dengan cara mengajariku dengan sabar sampai aku bisa. Sekarang, keinginanku bisa bermain gitar adalah bukan bernyanyi dan bermain gitar di atas panggung yang megah, melainkan menciptakan lagu cinta untuknya.