Tahu gak sih bahwa ternyata hampir setiap makanan khususnya buah-buahan yang ada di bumi ini memiliki aneka ragam manfaat penting bagi tubuh? Baik itu untuk kesehatan, kecantikan, dan masih banyak lainnya. Salah satunya adalah buah siwalan alias lontar.

Siwalan merupakan sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Buah ini serinkali disebut sebagai buah lontar atau tal. Buah siwalan bisa dijumpa di berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Gresik.

Aku pribadi cukup sering menemui buah siwalan di Gresik karena aku selalu membelinya setiap pulang dari Lamongan. Menurutku, rasanya sangat enak. Seperti perpaduan rasa antara kelapa muda dan kolang-koling. Kamu pasti juga tau kan rasa dari kedua makanan tersebut?

Sama halnya dengan siwalan. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis cukup membuatku ketagihan dan selalu ingin coba memasukkannya ke dalam perut. Buah ini bisa dimakan langsung atau juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran es dawet, yang sering disebut dawet siwalan.

Mari kita lanjut dengan membahas manfaat buah yang satu ini. Tidak hanya rasanya yang enak, siwalan ternyata juga memiliki segudang manfaat. Lantas, apa saja sih manfaat buah siwalan atau lontar ini?

Penahan Lapar

Nah, buat kamu yang lagi program diet untuk menurunkan berat badan, buah ini cocok sekali dipilih sebagai makanan penahan lapar. Yups, buah siwalan memang dikenal mampu menahan rasa lapar karena kandungan karbohidrat di dalamnya sangat baik untuk pencernaan. Buruan deh beli buah siwalan yang banyak supaya badanmu cepet langsing. Hehe

Menyegarkan

Musim panas gini enaknya makan atau minum yang seger-seger, iya kan? Jangan kahwatir, kamu bisa konsumsi buah siwalan muda yang dagingnya lembut bak kelapa muda serta airnya yang manis sehingga cocok dikonsumsi saat kamu merasa panas dan gerah akibat terik matahari.

Meningkatkan Keperkasaan Pria

Suami mana sih yang tidak ingin memuaskan istri di ranjang? Tapi, keinginan itu akan musnah saat kamu merasa tidak bergairah sehingga loyo di ranjang. Nah, sebaiknya kamu segera konsumsi buah siwalan, terutama airnya yang disebut legen. Air siwalan ini mampu meningkatkan vitalitas dan gairah pada pria. So, jangan ragu lagi. Ayo buruan bwli siwalan yang banyak supaya istrimu betah di ranjang #ups

Oke, itulah segelintir manfaat siwalan yang bisa aku jelaskan di artikel ini. Oiya, untuk harga siwalan cukup murce alias murah cekali, loh hahaha. Buah siwalan yang biasa aku beli di Gresik harganya cuma 6.000 rupiah per kantong plastik yang berisi 4 buah siwalan. Yuk, segera di coba! Selamat mencoba.