Apa yang kamu lakukan di waktu senggang ataupun disaat kamu merasa bosan? Mendengarkan musik? Olahraga? Bernyanyi? Atau melakukan hobimu yang lainnya?

Kalau aku sih, sekarang lagi tergila-gila baca webtoon alias komik online. Jadi, aku membacanya setiap hari. Apalagi saat ini ada beberapa webtoon yang sangat aku sukai. Bahkan, semua webtoon itu sekarang sudah seperti candu buatku. Aku tidak bisa berhenti membacanya.

Webtoon pertama yang aku baca adalah I Am Gangnam Beuty. Webtoon ini termasuk ke dalam genre drama romance yang menceritakan tentang seorang gadis yang merubah penampilannya dengan cara melakukan operasi plastik, namun tetap memiliki kepribadian yang rendah hati dan kurang percaya diri.

Selanjutnya, aku mulai menyukai webtoon Girl’s world. Berbeda dengan I Am Gangnam Beauty yang lebih banyak mengangkat tentang kisah percintaan, Girl’s World justru lebih banyak menceritakan tentang persahabatan anak SMA. Bisa dikatakan, ini webtoon remaja. Tapi masih bisalah dinikmati orang dewasa.

Sebenarnya, ada banyak sekali webtoon yang aku suka. Tapi, aku cuma bisa sebutkan beberapa saja. Selain kedua webtoon di atas, ada tiga webtoon yang aku suka pake bingit hahaha. Webtoon itu diantaranya adalah Lookism, Spirit Fingers, dan Noblesse.

Ketiga webtoon itu adalah rekomendasi dari temanku. Dia bilang bagus banget. Awalnya aku coba membaca Spirit Fingers. Ceritanya seru dan tidak membosankan. Tapi sayang, aku membaca webtoon ini setelah hampir tamat.

Dilanjutkan dengan Lookism. Isi dari webtoon ini tentang kekerasan anak SMA, tentang perkelahian, merokok, minum-minuman keras, dan masih banyak lainnya. Namun, yang paling penting dari webtoon ini adalah bagaimana cara kita mensyukuri penampilan kita, stop bullying, dan juga persahabatan.

Terakhir, Noblesse. Gila, webtoon ini bener bener bagus parah. Aku nyesel baru membacanya setelah memasuki episode ke 500 lebih. Aku termasui kaum tertinggal hahaha.

Ceritanya bagus sekali. Karena termasuk webtoon fantasy, jadi isinya mengisahkan tentang kehidupan para vampir, manusia serigala, dan para ahli eksperimen berbahaya.

Awal membaca webtoon ini, aku sama sekali tidak tertarik karena covernya yang terlihat biasa. Tapi, saat aku mulai membaca, seperti ada sesuatu yang mengendalikan pikiranku. Aku tidak bisa berhenti membaca. Sekitar 3 haru aku sudah bisa menghabiskan 300 episode.

Tapi, aku tidak mau spoiler disini. Kalau kamu yang belum membaca merasa penasaran, lebih baik kamu coba baca sendiri. Instal aplikasi webtoon indonesia di Playstore ponselmu. Dan carilah webtoon yang aku sebutkan tadi. Selamat mencoba.