Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keindahan objek wisatanya, salah satunya adalah pulau Komodo yang masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Selain keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, NTT juga memiliki makanan khas yang mampu menggugah selera. Sehingga, belum lengkap rasanya jika pada saat kamu berkunjung ke pulau tersebut tidak sekaligus mencicipi makanan khasnya. Berikut adalah 3 makanan khas NTT yang bisa dicoba saat kamu melancong kesana, diantaranya:

Kerang Masak Semboko

Bagi kamu yang meyukai jenis masakan seafood, kerang masak semboko merupakan makanan yang tepat buatmu saat berkunjung ke NTT. Sebab, makanan ini terbuat dari kerang hijau yang tentunya memiliki cita rasa lezat. Selain itu, kerang masak semboko juga dikenal akan manfaatnya yakni dapat membuat tubuh menjadi fit. Hal ini dikarenakan kerang hijau memiliki kandungan protein yang juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Kue Cucur NTT

Mungkin kamu cukup familiar dengan kue cucur karena bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Kue cucur juga merupakan makanan khas NTT. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula merah atau gula lempeng, dan daun pandan. Kue cucur NTT yang masih hangat bisa kamu nikmati sebagai pendamping saat minum teh. Selain itu, kue ini juga seringkali dijadikan sebagai buah tangan. Namun, karena tidak mengandung bahan pengawet apapun, kue cucur NTT tidak bisa bertahan lama.

Kolo

Kolo merupakan makanan khas NTT yang cara pembuatannya cukup unik karena menggunakan buluh bambu yang masih berbentuk silinder. Kolo terbuat dari bahan dasar beras yang diolah dengan cara ditanak hingga matang dan menjadi nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas tradisional. Kemudian, dimasukkan ke dalam bambu yang bagian dalamnya sudah diberi pelapis daun pisang. Dan proses terakhir adalah bambu yang telah berisi nasi tersebut dibakar hingga matang sempurna.