Sudah menjadi kewajiban seorang wanita khususnya bagi kamu yang sudah menjadi seorang istri untuk bisa memasak. Tujuannya adalah agar suami selalu mendapatkan asupan makanan lezat setiap harinya dan pastinya agar tidak makan sembarangan di luar.

Sayangnya, memasak bukanlah hal yang mudah karena aku juga merasakanya. Aku sekarang juga sedang berusaha belajar memasak walaupun awalnya hasilnya tidak karuan. Tapi, setelah kemampuan memasakku diasah setiap hari, sekarang masakanku cukup enak.

Setelah berhasil memasak sayur kangkung, saur sop, ayam goreng, dan masih banyak lainnya, kali ini aku mau membagikan resep masakan yang berbeda, yakni ati ampela cabe hijau bumbu kecap. Ada yang suka dengan masakan ini?

Nah, kalau kamu suka, terus baca yah, karena resepnya sangat mudah terutama bagi kamu yang masih pemula sepertu aku.

Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak. Mulai dari alat memasak, bahan utama, bumbu-bumbu, dan lain sebagainya.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak ati ampela kecap adalah 3 buah ati ampela, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, kunyit, lengkoas, 1 lembar daun salam, 1 buah tomat, 10 buah cabe hijau, 10 buah cabe rawit (sesuai selera), 1 sdt garam (sesuai selera), 1 sdt bumbu penyedap, kecap manis, minyak goreng, dan merica.

Cara pembuatannya sangat mudah sekali. Pertama-tama, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Sembari menghaluskan bumbu, jangan lupa untuk merebus ati ampela terlebih dahulu, tujuannya agar nanti saat dimasak tidak menghabiskan waktu lama.

Setelah bumbu halus, panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam dan lengkoas, aduk sampai warna bumbu berubah sedikit kecoklatan.

Kemudian, masukkan cabe hijau dan cabe rawit. Aduk beberapa saat. Setelah itu, masukkan bahan utama yakni ati ampela. Asuk terus hingga bumbu merata. Jangan lupa untuk menambahkan air bekas rebusan ati ampela.

Setelah sedikit mendidih, tambahkan bumbu-bumbu seperti kecap manis, garam, penyedap rasa dan kecap. Aduk terus sampai matang. Boleh dicicipi terlebih dahulu agar rasanya pas dan enak. Setelah airnya menyusut dan ati ampela empuk alias matang, angkat lalu tiriskan.

Ati ampela cabe hijau bumbu kecap bisa kamu hidangkan dengan nasi panas. Dijamin, pasanganmu akan suka dan bisa makan dengan lahap. Selamat mencoba.