Akhir atau awal bulan merupakan surganya bagi para pekerja kantoran alias karyawan. Kenapa tidak? Di tanggal tersebut, mereka akan mendapatkan upah dari sebulan mereka bekerja atau yang biasa disebut gajian. Tapi, ada polemik yang timbul sesaat setelah gaji bulanann diterima. Apa itu?

Tentu saja, kesulitan dalam mengatur gaji bulanan. Aku sendiri sering merasa kewalahan dalam mengatur gaji bulanan,. Bukan berarti gaji bulananku banyak loh, ya? Maksudnya, gaji bulananku kadang habis tidak pada waktunya. Bahkan, di akhir bulan menjelang gajian aku harus ekstra hemat supaya sisa gaji cukup. Sedih banget gak sih?

Sebenarnya, yang salah bukan dari jumlah uang yang aku peroleh dari gaji bulanan tersebut, melainkan caraku mengatur keuangan. Jika kamu tidak ingin mengalami nasib yang sama seperti aku dan kalaupun kamu sudah mengalaminya, sebaiknya kamu atur lagi deh managemen keuangan kamu. Nah, supaya tidak bingung, kali ini aku akan bagikan tips mengatur gaji bulanan agar tidak terbuang dengan percuma. Berikut tipsnya:

Buat Anggaran Bulanan

Cara ini berguna untuk menekan keinginan kamu membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Buatlah anggaran dengan cara mencatatnya di buku anggaran. Tulislah kebutuhan pokok atau primer yang harus kamu utamakan, seperti uang makan, ongkos atau transport ke kantor, uang sewa kos bulanan (bagi anak kos seperti aku hehe), dan kebutuhan penting lainnya. Sedangkan, untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti anggaran untuk jalan-jalan bersama kawan-kawan ataupun shopping, tulislah di buku anggaran yang lain. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengeluarkan anggaran secukupnya saja untuk kebutuhan tersebut.

Jangan Lupa Menabung

Sebanyak apapun kebutuhan bulanan kamu, jangan sampai lupa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Ingat, tabungan itu untuk bekal masa depanmu kelak. Entah untuk menikah, atau untuk keperluan penting lainnya. Tidak perlu terlalu banyak menyisihkan uang untuk ditabung, sedikit saja tidak masalah asalkan rutin dilakukan setiap bulan. Toh, seperti pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit hihihi.

Mencatat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian juga bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan atau gaji bulanan. Dengan cara ini, kamu bisa tahu uangmu habis lari kemana dan apa saja yang sudah kamu beli. Jadi, saat kamu membeli sesuatu, simpanlah struknya. Kemudian, catat di buku khusus pengeluaran harian kamu sehingga besok-besok kamu akan menyadari bahwa hal yang tidak terlalu penting sebaiknya tidak perlu dibeli lagi.

Investasi

Saat kamu sudah mengatur anggaran atau gaji bulanan kamu dengan benar dan masih ada sisa uang, sebaiknya kamu gunakan untuk investasi. Kamu bisa mengikuti asuransi, reksa dana atau membeli perhiasan yang kalau-kalau nanti kamu butuh dana bisa kamu uangkan kembali.
Nah, itulah beberapa tips mengatur gaji bulanan supaya tidak habis begitu saja. Aku pribadi juga akan ikuti tips itu. Yang terpenting adalah berhemat. Seperti pepatah (pepatah lagi haha) mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Betul tidak? Selamat mencoba.