Mata merupakah salah satu panca indera yang memiliki fungsi penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan mata, kamu bisa melihat indahnya dunia.

Tidak hanya itu saja, mata juga bisa berguna dalam kehidupan percintaan loh. Ada istilah dari mata turun ke hati. Yups, mata bisa membuat seseorang merasa jatuh cinta bahkan pada pandangan pertama.

Sehingga tak heran jika banyak orang yang tidak mau menutupi mata mereka demi membuat penampilan mereka menjadi tetap menarik. Namun, mata juga rentan terhadap penyakit seperti mata rabun, baik rabun dekat maupun rabun jauh. Oleh karenanya, mau tidak mau kamu harus menggunakan kacamata dan menutupi mata indahmu.

Menggunakan kacamata juga membuat pergerakan mata tidak bebas. Selain itu, pasti juga terasa lebih ribet, kan? Apalagi kalau kamu orang yang berhijab. Akan susah menggunakan model hijab dengan kacamata yang menempel di mata karena gagangnya.

Karena itulah, banyak orang yang tidak suka menggunakan kacamata sehingga mereka memilih cara lain, yakni dengan menggunakan lensa kontak. Lensa kontak kini banyak diminati karena dianggap lebih praktis.

Tidak hanya bagi mereka yang memiliki mata minus atau rabun saja, lensa kontak juga kerap digunakan oleh orang yang memiliki mata normal. Tentu saja, tujuannya hanya untuk menunjang penampilan saja alias bergaya.

Walaupun demikian, kontak lensa tidak bisa digunakan sembarangan loh. Karena ini juga menyangkut mata, indera paling penting. Penggunaan lensa kontak juga bisa menimbulkan efek bahaya bagi mata jika tidak digunakan dengan baik.

Adapun beberapa efek berbahaya yang bisa disebabkan oleh penggunaan lensa kontak secara sembarangan adalah seperti konjungtivitis yakni kondisi dimana mata terlihat merah yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan iritasi.

Selain itu, juga bisa menyebabkan keratitis atau peradangan kornea. Hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa kontak terlalu lama. Idealnya, lensa kontak dipakai maksimal selama 7-8 jam. Untuk itu, segeralah lepas lensa kontak jika sudah melebihi waktu yang ditentukan.

Efek berbahaya selanjutnya adalah sindrom mata kering yakni kondisi dimana mata kekurangan produksi air mata dan juga disebabkan oleh penggunaan lensa kontak terlalu lama atau ketika berada di ruangan dengan pendingin secara terus menerus.

Yang terakhir adalah dapat menyebabkan abrasi kornea atau kornea tergores. Ini disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang kotor dan jarang dibersihkan.

Nah, itulah beberapa efek berbahaya yang dapat terjadi jika kamu menggunakan lensa kontak secara sembarangan. Sayangi selalu matamu. Jangan biarkan bahaya mengintainya.