Bekerja atau menempuh pendidikan di kota yang jarak tempuhnya jauh dari rumah, mau tidak mau mengharuskan kita tinggal di kos-kosan. Tentunya, sebagai anak kost kita harus bisa hidup mandiri, seperti mencuci pakaian sendiri, hingga masakpun sendiri.

Sayangnya, fasilitas di kos-kosan tidak selengkap di rumah yang semuanya serba adan. Tak jarang, memasak makanan juga sulit karena tidak adanya fasilitas yang memungkinkan. Biasanya, hanya ada beberapa fasilitas yang benar-benar dibutuhkan untuk memasak, salah satunya adalah rice cooker.

Seperti yang kita tahu bahwa rice cooker merupakan alat masak yang digunakan untuk memasak nasi dengan mengandalkan listrik sebagai bahan bakarnya. Namun, jika kita bisa menggunakannya dengan penuh kreativitas, maka rice cooker yang tadinya hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, akhirnya juga bisa digunakan untuk memasak jenis makanan lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa dimasak menggunakan rice cooker, diantaranya:

1. Pancake

Siapa yang tidak tahu dengan makanan ini? Biasanya, pancake dijadikan sebagai makanan saat sarapan. Kadang pula dijadikan sebagai camilan disela jam makan pokok. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Mungkin selama ini kamu mengira bahwa pancake hanya bisa dimasak menggunakan teflon dan kompor. Tapi nyatanya, makanan ini bisa kamu coba masak menggunakan rice cooker. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat adonan pancake dari tepung, gula, susu, dan sedikit garam. Selanjutnya, masak adonan tersebut di dalam rice cooker. Jangan lupa untuk menekan tombol on dan tunggu hingga matang.

2. Mashed Potato

Bagi kamu yang suka sekali dengan kentang, tidak ada salahnya untuk mencoba memasak mashed potato. Jika kamu sedang berada di kos yang minim fasilitas untuk memasak, kamu bisa memasak makanan ini menggunakan rice cooker. Caranya, rebus kentang di dalam rice cooker sampai matang. Setelah matang, campurkan susu dan juga keju. Selanjutnya, masak kembali hingga keju meleleh. Mashed potato siap disantap.

3. Telur Balado

Tidak hanya camilan saja yang bisa kamu masak dengan menggunakan rice cooker. Kamu juga bisa memasak lauk pauk yakni telur balado. Sebelum memasak nasi, kamu bisa merebus telur terlebih dahulu. Setelah matang, kupas telur lalu masukkan ke dalan rice cooker lagi bersamaan dengan bumbu ulek yang bisa kamu beli di pasar. Kemudian, masukkan garam dan bumbu penyedap lainnya. Aduk-aduk hingga matang, lau tiriskan.