Bali Merupakan salah satu pulau sekaligus tempat wisata yang berada di Indonesia bagian timur. Pemandangan pantai nan eksotis serta budaya yang cukup kental mampu menarik banyak turis lokal maupun manca negara datang hanya untuk melihat keindahan pulau yang dijuluki sebagai pulau dewata ini.

Berkunjung ke Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas pulau Bali, yakni rujak kuah pindang. Apakah nama makanan tersebut familiar di telinga Anda? Jika belum, berikut akan kami ulas.

Rujak kuah pindang sebenarnya sama dengan rujak buah seperti pada umumnya dengan bahan utama buah-buahan segar seperti mangga. Namun, bedanya adalah jika rujak biasa bumbunya menggunakan gula merah, sementara rujak kuah pindang menggunakan bumbu kiah pindang.

Kuah pindang bisa dibeli di pasar tradisional Bali. Adapun cara memasaknya adalah pertama saring kuah pindang. Kemudian, masak dan tambahkan bumbu seperti garam, gula, dan tidak boleh ketinggalan ialah daun salam yang berfungsi sebagai penyedap rasa.

Jangan khawatir bahwa kuah pindang akan berbau amis. Sebab, kuah pindang yang telah dimasak memiliki rasa yang gurih dan yang paling penting adalah lebih nikmat dari rujak buah bumbu gula merah.

Jika Anda tertarik mencicipinya, Anda bisa membelinya di pedagang kaki lima daerah pulau Bali dengan harga sekitar 5.000-7.000 rupiah. Namun, jika Anda bisa membuatnya sendiri, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.