Berbicara tentang belanja alias shopping, perempuan mana yang tidak suka? Ya, hampir semua perempuan saat ditanya apakah suka shopping atau tidak, jawabannya pasti suka. Termasuk aku dan kamu, ya kan? Bahkan, tidak sedikit dari mereka juga menjadikan shopping sebagai hobi yang dilakukan secara rutin.

Selanjutnya, kita akan membahas internet. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin maju pesat, khususnya internet. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Tak jarang, internet membuat orang kecanduan. Ibaratnya kopi, tidak menggunakan internet hanya dalam waktu satu jam saja sudah bisa membuat sakit kepala.

Mengingat canggihnya internet dalam kehidupan sehari-hari, saat ini banyak orang melakukan transaksi jual beli dengan internet, seperti e commerce atau online shop.

Fasilitas ini memudahkan kamu yang malas pergi ke mall untuk berbelanja. Dengan adanya online shop ini, kamu bisa berbelanja hanya dengan bebaring di atas tempat tidur sambil memegang ponsel. Mudah dan praktis, kan?

Tapi perlu kamu ingat, belanja online tidak sama dengan belanja langsung ke pusat perbelanjaan. Seperti membeli kucing di dalam karung, kamu tidak bisa melihat barangnya langsung karena hanya disuguhkan dengan gambar di ponsel saja.

Maka tak heran jika banyak orang yang merasa kecewa dan tertipu ketika berbelanja online. Sebab, gambar yang ditampilkan berbeda dengan barang yang sebenarnya karena sudah banyak di edit.

Nah, agar tidak merasa kecewa dan tertipu, berikut adalah beberapa trik berbelanja online yang bisa kamu ikuti. Gampang kok, perhatikan ya.

Cek Kebenaran Toko atau Situs Online Shop


Saat kamu memutuskan untuk berbelanja online, hal pertama yang perlu dilkukan adalah mengecek kebenaran toko atau situs online terlebih dahulu. Kalau aku biasanya dimulai dari melihat review dari pelanggan yang sudah pernah berbelanja di toko itu. Kalau misalkan review mereka bagus, berarti barang yang di jual memang bagus. Selain itu, cek juga nomer telpon toko yang tertera pada aplikasi atau situs. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari penipuan.

Perhatikan Spesifikasi Barang


Tidak sama dengan membeli barang di toko yang bisa kamu lihat secara langsung, berbelanja di online shop hanya bermodalkan foto dan spesifikasi barang saja. Untuk itu, jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi barang dengan teliti ya.

Jangan Tergoda dengan Potongan Harga


Banyak situs online atau toko online yang menawarkan harga jauh di bawah harga pasaran dengan dalih flash sale atau diskon besar-besaran. Siapa yang tidak tergiur dengan harga yang super murah? Akupun pasti akan langsung memborongnya. Tapi, sebaiknya kamu jangan tergoda dengan potongan harga miring ini. Hal ini dikarenakan, barang yang dijual bisa jadi sudah rusak atau cacat.

Itu dia trik berbelanja online yang aman tanpa kecewa dan tertipu. Berbelanjalah dengan bijak walaupun diskon yang ditawarkan cukup menggiyurkan ya.